Periode-Musim-Hujan-di-Indonesia

Periode Musim Hujan di Indonesia yang Menarik Diketahui

Ketahui periode musim hujan di indonesia dimulai dari bulan Oktober hingga Maret, dalam waktu berbeda-beda. Simak uraian selengkapnya di sini.

Indonesia termasuk negeri yang memiliki iklim tropis, sehingga punya dua periode dalam setahun, salah satunya musim hujan. Periode musim hujan di Indonesia yaitu sekitar bulan Oktober hingga Maret.

Bukan hanya musim penghujan, tetapi Indonesia juga mengalami periode kemarau yang disukai banyak orang. Tentunya ada peralihan antara kedua musim tersebut, biasanya disebut periode pancaroba, ini bisa memicu berbagai macam penyakit.

Mengingat pada saat pancaroba kondisi cuaca serta alam sedang tidak baik-baik saja, kadang hujan kemudian langsung cerah. Namun pada saat periode hujan tidak boleh disepelekan karena butuh kekuatan ekstra menghadapinya, simak penjelasan berikut.

Periode Musim Hujan di Indonesia

Cuaca hujan digambarkan dengan meningkatnya curah air dari langit yang turun ke bumi membasahi suatu daerah. Hujan memang tidak langsung turun di semua belahan bumi, bahkan antara daerah satu dengan sampingnya belum tentu kondisinya sama.

Indonesia ialah negeri yang punya dua musim karena termasuk iklim tropis ,yaitu periode hujan serta kemarau. Periode musim hujan di Indonesia sendiri sekitar bulan oktober hingga Maret, tetapi belum menentu.

Mengingat prediksi periode hujan bisa turun dalam waktu lama maupun sebentar serta setiap wilayah berbeda-beda. Terkadang hujan bisa turun rintik-rintik, tapi tidak jarang berubah menjadi deras hingga dapat memicu banjir.

Pada dasarnya, terjadinya hujan bertepatan dengan angin musim barat yang bergerak dari benua Asia ke Australia. Pergerakannya melalui Laut China Selatan dan Samudra Hindia, akhirnya mengangkut uap air yang memicu turunnya air hujan.

Ciri-ciri Musim Hujan

Periode hujan pasti bakal terjadi setiap tahunnya, hanya saja di tempo yang berbeda. Secara umum, periode musim hujan di Indonesia terjadi pada bulan Oktober hingga Maret, tetapi lamanya tidak menentu.

Tentu saja musim penghujan tersebut berbeda dari periode lainnya, bahkan panas, semi, maupun salju. Biasanya hujan yang turun berdampak besar terhadap lingkungan, terutama sungai tanpa drainase baik, ini ciri-cirinya.

  1. Penurunan Suhu

Biasanya periode hujan ditandai dengan terjadinya perubahan suhu menjadi rendah secara signifikan. Apalagi saat hujan turun deras, maka suhunya akan menurun secara drastis, tetapi kembali sejuk setelah hujan reda.

  1. Kenali Aroma Alam Sekitar

Ketika periode hujan mulai datang, maka bisa dikenali dari aroma alam sekitar, yang mana baunya lebih kuat. Pada saat mendekati waktu turun hujan, aroma tumbuhan maupun tanah akan berpadu menjadi satu karena udara mulai lembab.

  1. Air Sungai Maupun Danau Meningkat

Hujan memang Rahmat bagi semua orang, tetapi tidak boleh diabaikan begitu saja. Mengingat saat hujan deras, air sungai maupun danau bisa meningkat hingga memicu terjadinya banjir jika tidak ditangani dengan tepat.

  1. Arah Angin

Ciri lainnya saat mendekati musim penghujan ialah arah angin, di mana atmosfer terasa berhembus lebih cepat dari biasanya. Angin yang menjadi tanda akan turunnya hujan ialah berhembus ke arah barat, ini bisa dirasakan jika mengacungkan jari ke atas.

  1. Udara menjadi Lembab

Periode hujan menandakan bahwa air dari langit akan turun secara terus menerus, hal tersebut membuat udara menjadi lembab. Sehingga memicu rasa panas, kurang nyaman, hingga sulit beraktivitas karena merasa udara terlalu rendah.

  1. Langit Merah di Pagi Hari

Ketika pagi hari, langit akan berubah menjadi berwarna merah, ini dimulai sejak matahari terbit. Hal tersebut bisa terjadi karena pergerakan udara kering melewati tekanan atmosfer lembab.

Kesimpulan

Periode musim hujan di Indonesia terjadi dari bulan Oktober hingga Maret, hanya saja lamanya tidak sama di setiap daerah. Hujan merupakan Rahmat yang ditunggu banyak orang, hanya saja tetap harus berhati-hati jika tidak ingin jatuh sakit.

Harga-Ikan-Koki-Ranchu Previous post Harga Ikan Koki Ranchu yang Mampu Hidup Hingga 10 Tahun
Game-2D-PC Next post 10 Rekomendasi Game 2D PC Yang Seru!