Cara-Refund-ShopeePay

Cara Refund ShopeePay Setelah Transfer Uang, Apakah Bisa?

Tips cara refund shopeepay dibutuhkan ketika ingin membatalkan proses transfer dana ke akun orang lain. Namun apakah cara ini bisa dilakukan?

Cara refund ShopeePay perlu diketahui pengguna aplikasi dompet digital ShopeePay ketika ingin membatalkan transfer dana ke rekening orang lain. Keberadaan ShopeePay sendiri sangat memudahkan transaksi keuangan di Shopee, termasuk pembayaran belanja online maupun offline hingga menyimpan pengembalian dana.

Dompet digital ini sebenarnya sudah dibekali dengan fitur modern seperti transfer ke sesama pengguna ShopeePay atau transfer ke rekening bank. Hanya saja tidak banyak yang tahu cara refund ShopeePay ketika salah mengirim uang maupun ketika proses transfernya gagal. Lantas, bagaimana caranya membatalkan proses kesalahan transfer uang tersebut?

Cara Refund ShopeePay yang Mudah

Sebenarnya refund ShopeePay hanya dapat dilakukan ketika dana yang dikirim masuk ke rekening tujuan atau belum dicairkan oleh si penerima transfer. Proses pembatalan transfer ShopeePay pun membutuhkan beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

Persyaratan tersebut seperti data nomor transaksi penarikan saldo ShopeePay, username dan informasi mutasi rekening via email. Lalu, bagaimana cara refund ShopeePay yang proses transfernya sudah selesai?

  1. Menghubungi Customer Service Shopee

Cara pertama agar bisa refund Shopee-Pay yakni dengan menghubungi layanan customer service (CS) Shopee. Layanan ini aktif setiap hari selama 24 jam bahkan di hari libur nasional. CS Shopee dapat dihubungi melalui fitur live chat atau telepon di nomor 08001500702.

Meskipun Shopee menyediakan WhatsApp ShopeePay OTP, sayangnya nomor tersebut bukan saluran CS Shopee. Alhasil pengguna aplikasi ShopeePay hanya bisa menghubungi layanan CS via telepon atau live chat. Untuk mengakses fitur live chat caranya mudah, yakni buka tab “Saya”, klik “Chat dengan Shopee” dan tekan “Chat with Live Agent”.

  1. Sampaikan Permasalahan yang Dihadapi Kepada CS

Layanan customer service Shopee akan merespon dengan cepat, baik ketika dihubungi melalui telepon maupun fitur live chat. Ketika berhasil terhubung, langsung saja perkenalkan diri dan sampaikan permasalahan yang dihadapi dengan jelas. Termasuk mencari tahu cara refund Shopee, jumlah transfer dan nomor penerima transfer.

Pastikan sudah mempersiapkan syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk proses pembatalan transfer ShopeePay. Untuk itu, sebaiknya jangan menghapus informasi bukti transfer yang tersimpan secara otomatis di akun ShopeePay. Termasuk menyimpan bukti mutasi rekening atau struk ketika mengirim uang ke akun ShopeePay melalui bank.

  1. Pahami Solusi dari CS

Setelah menyampaikan permasalahan yang sedang dihadapi, tanyakan apakah ada solusi untuk permasalahan tersebut kepada CS. Bila perlu sampaikan pertanyaan tambahan apakah memungkinkan untuk refund Shopee-Pay.

Customer service ShopeePay nantinya akan melakukan pengecekan data untuk memverifikasi data yang ada di sistem Shopee. Apabila data yang terkumpul lolos verifikasi, nantinya proses pembatalan transfer baru dapat dilakukan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Refund ShopeePay

Perlu diperhatikan bahwa ada banyak pengguna yang menghubungi layanan CS ShopeePay setiap harinya. Sehingga tak menutup kemungkinan proses verifikasi data di sistem Shopee membutuhkan waktu yang lama. Pelanggan biasanya harus menunggu hingga 2 x 24 jam hari kerja untuk mengetahui keputusan apakah proses refund dapat dilakukan atau tidak.

Selain itu, pihak Shopee tidak menjamin dan mengganti uang atau saldo ShopeePay yang salah kirim dapat kembali. Sehingga penting bagi pengguna ShopeePay untuk senantiasa memastikan nomor rekening atau virtual account tujuan sudah benar sebelum transfer saldo ShopeePay.

Kesimpulan

Bisa dikatakan cara refund ShopeePay di atas hanya bisa dilakukan apabila dana yang ditransfer belum diambil oleh penerimanya. Namun, untuk melakukan proses refund dana dari transaksi yang sukses pun belum tentu berhasil. Langkah terpenting ketika ingin refund Shopee-Pay adalah langsung menghubungi CS Shopee agar bisa diproses. Jangan tunggu lama karena proses refund akan semakin sulit.

Game-2D-PC Previous post 10 Rekomendasi Game 2D PC Yang Seru!
Cara-Hapus-Riwayat-Belanja-Shopee Next post Ini Dia Cara Hapus Riwayat Belanja Shopee yang Menumpuk